Bekraf Information System For Profesional

Deskripsi :

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki kinerja ekonomi paling hebat. Salah satu faktor riil yang sangat layak menjadi prioritas adalah ekonomi kreatif. Presiden Joko Widodo optimis bahwa ekonomi kreatif kelak menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Untuk mewujudkan upaya tersebut pada 20 Januari 2015 melalui Peraturan Presiden Republik Indoensia Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif yang bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia dan bertugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif.

Dengan menjalankan tugas dan fungsi-fungsi tersebut, Bekraf optimistis bisa menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang efisien dan kondusif. Dengan begitu, para pelaku bisa berkarya lebih baik sehingga ekonomi kreatif bisa memberikan kontribusi pendapatan yang selalu meningkat terhadap PDB nasional. Demi tercapainya tugas dari Bekraf demi terwujudnya program Presiden, Bekraf membangun Sistem Informasi yang bernama Bekraf Informasi Sistem Untuk Standar Kompetensi (BISPRO) yang berfungsi sebagai alat pembantu untuk masyarakat dalam mengakses program kerja Bekraf sehingga kinerja Bekraf jadi lebih mudah, efisien dan fleksibel. Kelebihan dari BISPRO ini antara lain:

  1. Membantu kinerja BEKRAF dalam sosialisasi program kerja yang akan digalakkan BEKRAF sesuai Perpres
  2. Membantu pelaku industri ekonomi kreatif dalam mendapatkan informasi seputar standardisasi kompetensi profesi bidang ekonomi kreatif
  3. menjadi sarana pengumuman online pelaksanaan program di bidang ekonomi kreatif mulai pendaftaran sampai laporan kegiatan
  4. Menjadi sarana dalam komunikasi dan koordinasi dengan Lembaga Negara, Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian, Pemerintah Daerah dan pihak lain yang terkait Dengan adanya BISPRO tugas dan fungsi-fungsi dari BEKRAF bisa dijalankan lebih mudah, efisien, transparan dan fleksibel.
    Dari BISPRO Bekraf dimudahkan dalam memantau kondisi pelaksanaan tugas terupdate sesuai kondisi riil time.

Instansi : Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF)

Tahun : 2016 – 2017