Home » Laravel » web development » Cara Setting Database di Framework Laravel

Cara Setting Database di Framework Laravel


Cara Setting Database di Framework Laravel

omahkoding.comFramework Laravel merupakan salah satu framework php terbaik saat ini dan paling banyak di gunakan oleh para web developer. Nah karena sering banyaknya di pakai oleh para web developer terkadang masalah simple ini seringkali di cari oleh web developer baru yakni cara setting database di framework laravel atau cara menyambungkan database dengan framework laravel

Jika kalian web developer baru dan sedang menggunakan framework laravel untuk pertama kalinya hal ini merupakan sesuatu yang wajin kalian ketahui jika menggunakan framework laravel yaitu cara setting database di framework laravel atau cara menyambungkan framework laravel dengan database mysql.

cara setting database di framework laravel
cara setting database di framework laravel

Cara Setting Database di Framework Laravel

Misalnya kalian sudah membuat database di MySQL dengan nama laravel_db

langkah pertama apa bila kalian ini menyambungkan framework laravel dengan database di atas yaitu :

Buka projeck laravel kalian dan rename ( ganti nama boleh, copas juga boleh ) file yang bernama .env.example (biasanya pertama kali instal frame work laravel file env namanya seperti ini : .env.example dan kalian bisa mengganti nya atau copy rename menjadi .env saja.

langkah kedua buka file .env tadi dan samakan sepeti settingan di bawah ini :

Nah Jika kedua langkah di atas sudah kalian lakukan berarti cara setting database di framework laravel sudah berhasil, untuk memeriksanya buka projek laravel kalian.

Tetap Semangat dan Terima Kasih ya guys. Omah Koding merupakan tempat belajar web dan android.

Tags: , , , , ,